Marwan Jafar : PR Pemerintah, UMKM yang Terhubung Online Baru 13 Persen

- Senin, 23 Agustus 2021 | 21:48 WIB
Pelaku UMKM sektor perkebunan dan pertanian didorong untuk terbuka dan siap berdagang secara elektronik di era digital. (suaramerdeka.com/Moch Noor Efendi)
Pelaku UMKM sektor perkebunan dan pertanian didorong untuk terbuka dan siap berdagang secara elektronik di era digital. (suaramerdeka.com/Moch Noor Efendi)

PATI, suaramerdeka-muria.com - Besarnya populasi pelaku UMKM, peran, dan kontribusinya terhadap pondasi perekonomian lokal maupun nasional perlu menjadi perhatian.

Pemerintah wajib mendorong agar berkembang dengan membantu penetrasi pasar secara daring (online) di era digital.

"Berdasar data Kementerian Koperasi dan UKM sampai Juni 2020, baru sekitar 13 persen atau sebanyak 8 juta pelaku UMKM yang terhubung secara online. Artinya, apabila data itu benar maka kementerian mempunyai pekerjaan rumah besar," ujar anggota Komisi VI DPR RI Marwan Jafar, Senin (23/8).

Baca Juga: Progres Baru 30 Persen, Jembatan Temperak Diprediksi Molor dari Batas Kontrak

Politisi asal PKB ini hadir secara virtual dalam pembukaan pelatihan e-commerce bagi usaha mikro di sektor pertanian/perkebunan di Pati.

Puluhan pelaku UMKM di dua sektor itu ambil bagian dalam pelatihan yang berlangsung tiga hari di Hotel Merdeka, Pati.

Marwan menyebut, saat ini pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM perlu berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan besar, yakni membantu 87 persen pelaku UMKM yang belum bersentuhan dengan pasar online.

Baca Juga: Ujian SKD CPNS Digelar 2 September, Siapkan Syarat-Syaratnya Mulai Sekarang

Bantuan itu berupa penetrasi pasar secara online dan pendampingan teknis.

Terlebih, lanjut dia, aspek-aspek digital marketing hingga perlu menggalang kerja sama saling menguntungkan dengan kalangan lain yang berkompeten dan terpercaya.

"Era pandemi semakin menyadarkan kita, bahwa sangat perlu dan mendesaknya melakukan perdagangan elektronik (e-commerce) secara tepat, cerdas, cepat serta efisien dan efektif," katanya.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menjaga Tradisi Icik, Melestarikan Kain Warisan Budaya

Jumat, 25 November 2022 | 21:44 WIB

Pedagang Beras Keluhkan Penjualan Menurun Drastis

Jumat, 23 September 2022 | 06:35 WIB

Ekspansi ke Daerah, McD Buka Gerai Pertama di Kudus

Selasa, 6 September 2022 | 18:58 WIB
X