Jurus Kudus Pacu Ekonomi Kerakyatan, Suntik Modal Rp 2,5 Miliar untuk 500 Pelaku Usaha Kecil

- Senin, 9 Agustus 2021 | 08:30 WIB
Sejumlah peserta mengikuti pelatihan di BLK Kabupaten Kudus. (suaramerdeka.com/dok)
Sejumlah peserta mengikuti pelatihan di BLK Kabupaten Kudus. (suaramerdeka.com/dok)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Pemkab Kudus memberikan suntikan modal sebesar Rp 2,5 miliar untuk stimulus pelaku usaha kecil bertahan di tengah pandemi. Bantuan sebesar itu diberikan kepada 500 pelaku usaha kecil di Kabupaten Kudus.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi UKM Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan, bantuan modal untuk wirausahawan itu dijadwalkan sudah cair akhir bulan ini.

“Kami masih melakukan verifikasi bagi para calon penerima. Jika semua lacar, bantuan untuk pelaku usaha kecil ini sudah cair akhir Agutus. Jika pun molor, kami berharap awal September dana bantuan ini sudah bisa cair,” katanya.

Rini mengatakan, sebanyak 500 nama pelaku usaha kecil sudah terdaftar pada usulan tahun 2019.

BACA JUGA : Perizinan Berbasis Risiko Diberlakukan, Pengusaha Harus Lebih Bertanggung Jawab

Rencananya, bantuan itu dicairkan tahun 2020. Namun karena saat itu ada pengalihan (refocusing) anggaran untuk penanganan dampak Covid-19, pencairan bantuan modal untuk pelaku usaha kecil itu pun ditunda.

Usulan dana bantuan itu kembali dianggarkan tahun ini. Karena itu, pihaknya menggunakan data calon penerima pada proposal yang telah diajukan pada tahun 2019. Dana bantuan disalurkan per kelompok.

Satu kelompok beranggotakan sebanyak lima orang pelaku usaha. Selain berdomisili di satu desa, calon penerima itu harus sudah mengantongi NIB (nomor induk berusaha) dan diketahui oleh kepala desa yang menyatakan memang benar memiliki usaha.

“Jenis usaha lima calon penerima dalam satu kelompok itu boleh berbeda, asalkan masih dalam satu wilayah desa. Setiap orang akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 5 juta. Jadi total anggaran yang dialokasikan Pemkab Kudus untuk 500 orang penerima mencapai Rp 2,5 miliar,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menjaga Tradisi Icik, Melestarikan Kain Warisan Budaya

Jumat, 25 November 2022 | 21:44 WIB

Pedagang Beras Keluhkan Penjualan Menurun Drastis

Jumat, 23 September 2022 | 06:35 WIB

Ekspansi ke Daerah, McD Buka Gerai Pertama di Kudus

Selasa, 6 September 2022 | 18:58 WIB
X