Pedagang Beras Keluhkan Penjualan Menurun Drastis

- Jumat, 23 September 2022 | 06:35 WIB
Sejumlah pedagang beras di Pasar Baru saat menata dagangannya. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Sejumlah pedagang beras di Pasar Baru saat menata dagangannya. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

KUDUS,suaramerdeka-muia.com – Sejumlah pedagang beras di Pasar Baru, Wergu Kudus mengeluh lantaran penjualan yang terus mengalami penurunan. Penurunan omzet bahkan disebutkan bisa mencapai 50 persen bila dibandingkan penjualan biasanya.

Keluhan itu seperti diungkapkan oleh Darwito salah seorang pedagang beras di Pasar Baru. Dia mengatakan kenaikan harga menjadi salah satu pemicu penurunan penjualan tersebut. Saat ini harga beras telah naik antara Rp 700 hingga Rp 1 ribu perkilogramnya.

“Sepinya sudah mulai terasa tiga minggu terakhir ini. Yakni pasca Bahan Bakar Minyak (BBM) naik. Mungkin itu yang menyebabkan distribusi dari petani ke pasar juga menurun sehingga harga menjadi ikut naik,”terangnya.

Baca Juga: Jaga Ketahanan Pangan, Pj Bupati Ajak Warga Jepara Beli Beras Dari Petani Lokal

Namun selain faktor itu, dia menyebut munculnya progam bantuan sosial ke warga berupa sembako juga begitu mempengaruhi. Apalagi masyarakat mendapatkan bantuan beras dalam jumlah yang banyak.

“Setiap progam bansos yang berupa sembako turun pasti jumlah penjualan ikut anjlok.Apalagi jumlah beras yang diberikan cukup banyak sehingga warga menjadi berkurang minat untuk berbelanja di pasar,”tambahnya.

Diapun berharap kalaupun ada bansos bisa diberikan berupa uang tunai. Sehingga masyarakat bisa membelanjakan secara langsung di pasar. Dengan begitu tingkat penjualan di pasar juga dapat mengalami kenaikan.

Keluhan itupun rupanya juga ikut dirasakan oleh Mustofa, salah seorang penjual beras lainnya. Dia juga mengakui munculnya bansos berupa sembako berdampak pada tingkat penjualan.

“Sepi saat ada bansos itu. Lebih baik dibagi dengan uang,”imbuhnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pedagang Beras Keluhkan Penjualan Menurun Drastis

Jumat, 23 September 2022 | 06:35 WIB

Ekspansi ke Daerah, McD Buka Gerai Pertama di Kudus

Selasa, 6 September 2022 | 18:58 WIB

HUT Rumah BUMN ke-2, 222 UMKM Pamerkan 2.222 Produk

Kamis, 1 September 2022 | 09:35 WIB

480 Truk Antre Setiap Hari di Pabrik Gula Blora

Senin, 13 Juni 2022 | 21:30 WIB
X