Harga Gula Tani Disubsidi, APTRI : Petani Tebu Makin Semangat Pacu Produktivitas Lahan

- Jumat, 8 Juli 2022 | 22:34 WIB
Jajaran pengurus DPN APTRI bersilaturahmi dengan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, yang digelar di jakarta pada Jumat (8/7). (suaramerdeka-muria.com/dok)
Jajaran pengurus DPN APTRI bersilaturahmi dengan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, yang digelar di jakarta pada Jumat (8/7). (suaramerdeka-muria.com/dok)

JAKARTA,suaramerdeka-muria.com - Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (DPN APTRI) mendukung rencana kebijakan Kementerian Perdagangan yang akan memberikan subsidi harga gula tani sebesar Rp 1000 per kilogram.

Jika terealisasi, kebijakan itu akan menjadi angin segar bagi petani tebu. APTRI menyebut petani akan semakin bersemangat meningkatkan produktivitas tanaman tebunya.

Ketua umum DPN APTRI Soemitro Samadikoen menuturkan, rencana pemberian subsidi tersebut terungkap saat silaturahmi jajaran pengurus DPN APTRI dengan Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, yang digelar di jakarta pada Kamis (7/7).

Baca Juga: APTRI Minta Gula Petani Tetap Bebas PPN

"Kami mendukung atas rencana Mendag yang akan memberikan subsidi harga gula tani sebesar Rp 1000 per kilogram,"ujarnya.

Soemitro mengungkapkan awalnya DPN APTRI mengusulkan agar pemerintah menaikan HPP gula tani dari Rp 11.500 menjadi Rp 12.500 per kilogram.

Usulan HPP tersebut didasarkan tingginya biaya produksi gula akibat tingginya harga pupuk nonsubsidi.

Menurut Soemitro, harga pupuk non subsidi 3 - 4 kali lipat dibanding pupuk subsidi. Kenaikan harga pupuk saja menyumbang kenaikan biaya produksi sebesar 17 persen

"Belum lagi biaya-biaya lain juga naik seperti upah tenaga kerja dan transportasi. Jadi sangat wajar jika HPP gula harus naik,"kata Soemitro.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pedagang Beras Keluhkan Penjualan Menurun Drastis

Jumat, 23 September 2022 | 06:35 WIB

Ekspansi ke Daerah, McD Buka Gerai Pertama di Kudus

Selasa, 6 September 2022 | 18:58 WIB

HUT Rumah BUMN ke-2, 222 UMKM Pamerkan 2.222 Produk

Kamis, 1 September 2022 | 09:35 WIB

480 Truk Antre Setiap Hari di Pabrik Gula Blora

Senin, 13 Juni 2022 | 21:30 WIB
X