Ribuan Ekor Sapi Blora Dibeli Pemprov DKI Jakarta

- Rabu, 25 Mei 2022 | 08:55 WIB
Penandatangan kontrak kerjasama jual beli sapi Blora oleh Pemkab Blora dan Pemprov DKI Jakarta di Jakarta, Selasa 24 Mei 2022. (suaramerdeka.com/Urip Daryanto)
Penandatangan kontrak kerjasama jual beli sapi Blora oleh Pemkab Blora dan Pemprov DKI Jakarta di Jakarta, Selasa 24 Mei 2022. (suaramerdeka.com/Urip Daryanto)

JAKARTA, suaramerdeka-muria.com – Ribuan ekor sapi dari Kabupaten Blora akan dibeli oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Perusahaan Umum Daerah (PD) Dharma Jaya.

Pemkab Blora dan Pemprov DKI Jakarta telah menandatangani kontrak kerja sama jual beli sapi tersebut pada Selasa 24 Mei 2022 di Jakarta.

Kesepakatan dituangkan dalam penandatanganan Nota Kesepakatan Perjanjian Kerja Sama antara Direktur Utama PD Dharma Jaya Jakarta, Raditya Endra Budiman, dengan Ketua KUD Wargo Tani Jiken, Sukono, mewakili koperasi peternak sapi yang ada di Kabupaten Blora, Selasa siang (24/5/2022) di Kantor PD Dharma Jaya Jakarta Timur.

Baca Juga: Bupati Blora Kucurkan Bonus untuk Siti Nafisatul Hariroh dan M Yasin Peraih Medali SEA Games 2022

Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) Jakarta, Suharini Eliawati, serta Kepala Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4) drh. Gundala Wijasena, MP menyaksikan langsung penandatanganan kontrak tersebut.

Tertuang di kesepakatan kerjasama tersebut, PD Dharma Jaya sebagai pihak pertama akan membeli sapi dari peternak melalui koperasi dengan harga minimal yang telah disepakati sejak awal berdasarkan berat hidup sapi.

Baca Juga: Samsul Arif Dipanggil Gabung Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023, Daftar Susunan Pemain Dinantikan


PD Dharma Jaya juga akan menempatkan petugas di Blora untuk monitoring terhadap perkembangan pertumbuhan sapi di kandang - kandang ternak secara rutin. Sekaligus memonitor pengiriman hewan sapi dari wilayah Blora ke Jakarta.

Sementara itu, KUD Wargo Tani Jiken sebagai pihak kedua menyediakan pakan ternak dari perusahaan pakan ternak yang ditunjuk dengan dibantu oleh dinas teknis Blora dalam proses pendampingan.

Termasuk melakukan penjualan sapi ke Dharma Jaya, dan memastikan memiliki permodalan yang cukup dalam pelaksanaan pekerjaannya.

Baca Juga: Pekan Depan Terbang, Masih Menjalani Manasik

Dirut PD Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman menuturkan, rintisan penandatanganan kerjasama dengan Kabupaten Blora yang kini terwujud, melalui proses panjang.

‘’Semua ini berkat kegigihan Pak Arief selaku Bupati Blora,’’ tuturnya.

Dikatakan, Dharma Jaya sempat datang langsung ke Blora dan mengakui memang potensi sapinya bagus. ‘’Untuk itu kita siap menjalin kerjasama. Terlebih saat ini Jakarta memang sangat butuh banyak pasokan daging sapi," ungkap Raditya Endra Budiman.

Baca Juga: Tok! Mulai Besuk Peziarah Tak Bisa Lagi Naik Becak Menuju Menara Kudus

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang diwakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP), Suharini Eliawati sangat mendukung jalinan kerjasama Perumda Dharma Jaya dengan Kabupaten Blora.

"Program swasembada daging sapi memang terus didorong, sesuai misi Pak Gubernur. Karena Jakarta kebutuhannya tinggi, dan tidak memiliki lahan peternakan, maka kerjasama dengan daerah lain sangat dibutuhkan. Kami rasa Blora ini tepat, apalagi Blora merupakan daerah penghasil populasi sapi terbesar di Jateng," ujar Bu Elly, sapaan akrab Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP.

Disamping itu, lanjutnya, dibanding Nusa Tenggara atau Madura, jarak Blora ke Jakarta juga lebih dekat. Sehingga ongkos kirimnya juga akan lebih hemat.

Dijelaskan Elly, Jakarta setiap minggu kebutuhan dagingnya mencapai 274 ton.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pedagang Beras Keluhkan Penjualan Menurun Drastis

Jumat, 23 September 2022 | 06:35 WIB

Ekspansi ke Daerah, McD Buka Gerai Pertama di Kudus

Selasa, 6 September 2022 | 18:58 WIB

HUT Rumah BUMN ke-2, 222 UMKM Pamerkan 2.222 Produk

Kamis, 1 September 2022 | 09:35 WIB

480 Truk Antre Setiap Hari di Pabrik Gula Blora

Senin, 13 Juni 2022 | 21:30 WIB
X