Transaksi di Kawasan Wisata Religi Sunan Muria Kini Bisa Pakai Uang Elektronik

- Selasa, 29 Maret 2022 | 21:31 WIB
Program digitalisasi kawasan wisata religi Sunan Muria Colo, Kabupaten Kudus yang digelar, Selasa (29/3). (suaramerdeka-muria.com/dok)
Program digitalisasi kawasan wisata religi Sunan Muria Colo, Kabupaten Kudus yang digelar, Selasa (29/3). (suaramerdeka-muria.com/dok)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Kemudahan transaksi dengan uang elektronik bisa dinikmati peziarah dan wisatawan di kawasan wisata religi Sunan Muria Colo Kudus.

Pemkab Kudus menjembatani kerja sama digitalisasi layanan jasa keuangan milik negara agar transaksi nontunai bisa tumbuh di kawasan wisata. Bupati Kudus Hartopo mengatakan, transaksi nontunai secara digital kini terus diminati warga.

Untuk menangkap peluang itu, para pedagang di kawasan wisata, termasuk wisata religi sekali pun, perlu menangkap peluang itu.  

BACA JUGA : Menggali Warisan Sunan Muria di Festival Pager Mangkok

“Oleh karena itu, sosialisasi dan edukasi harus gencar dilakukan. Berikan mereka pengajaran tentang sistem penggunaan transaksi digital agar mereka tak asing,” katanya pada kegiatan digitalisasi kawasan wisata religi di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Selasa (29/3).

Program digitalisasi itu melibatkan BNI sebagai perbankan penyedia jasa keuangan dengan Yayasan Masjid dan Makam Sunan Muria (YM2SM). Hadir Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin, Perwakilan Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam penandatanganan kerja sama tersebut.

“Kami berterima kasih kepada perbankan yang telah memberikan fasilitas jasa keuangan secara digital bagi masyarakat kami di Kawasan Wisata Religi Sunan Muria. Saya yakin upaya ini dapat mempermudah transaksi tanpa harus menggunakan uang tunai,” katanya.

Hartopo menuturkan agar sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat harus selalu dilakukan. Pasalnya, meski mayoritas masyarakat telah memiliki telepon pintar, namun tak semua dari mereka paham tentang transaksi non tunai.

“Diharapkan kerja sama antara Yayasan Masjid dan Makam Sunan Muria dan BNI dapat memberikan layanan dan sistem jasa keuangan yang lengkap serta solusi digital yang terintegrasi baik berupa Cash Management System, Layanan Produk Konsumer, dan juga solusi IT lainnya untuk pengelolaan Kawasan Wisata Religi Sunan Muria Kudus,” katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

480 Truk Antre Setiap Hari di Pabrik Gula Blora

Senin, 13 Juni 2022 | 21:30 WIB

Perajin Cobek Batu di Kudus Kesulitan Bahan Baku

Selasa, 12 April 2022 | 21:21 WIB
X