Semen Gresik Sahabat Petani, 361 Petani Difasilitasi Garap Lahan 119,25 Hektare

- Sabtu, 5 Februari 2022 | 20:27 WIB
Pembagian bantuan Bibit untuk para petani dari 6 desa di wilayah Ring 1 perusahaan yang tergabung dalam Semen Gresik Sahabat Petani. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)
Pembagian bantuan Bibit untuk para petani dari 6 desa di wilayah Ring 1 perusahaan yang tergabung dalam Semen Gresik Sahabat Petani. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka-muria.com - PT Semen Gresik (PTSG) melaksanakan program pemberdayaan masyarakat Semen Gresik Sahabat Petani (SGSP) untuk petani di enam desa sekitar perusahaan.

Program ini melibatkan 361 petani sanggem atau penggarap lahan yang difasilitasi untuk mengelola lahan milik PT Semen Gresik seluas 119,25 hektar.

Kepala Unit Komunikasi dan CSR PTSG, Dharma Sunyata menandaskan, gagasan besar SGSP adalah untuk mengoptimalkan pemanfaatan Sumber Daya Alam yang memberikan nilai tambah secara ekonomi serta peningkatan kapabilitas SDM masyarakat sekitar perusahaan.

Baca Juga: Wujud Syukur HUT Ke-8, Semen Gresik Salurkan Bantuan Sembako ke 14 Kecamatan di Rembang

''SGSP merupakan bukti komitmen Semen Gresik dalam mendukung upaya pemberdayaan masyarakat dan percepatan kedaulatan pertanian lokal. Harapannya, masyarakat mengelola lahan pertanian secara optimal dengan hasil bernilai ekonomis tinggi,'' kata Dharma, kemarin.

Ditambahkan Dharma, SGSP merupakan bagian dari desain besar harmonisasi industri dengan lingkungan melalui integrated farming.

Program tersebut sudah terealisasi melalui pembangunan Edupark di area pabrik.

Menurut Dharma, Edupark yang dibangun di luas lahan 1,6 hektare, selain destinasi wisata, tempat ini juga untuk pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga: Peringati HUT ke-8, Semen Gresik Gelar Sujud Syukur dan Santuni Anak Yatim

Di lokasi ini terdapat aneka hewan ternak, ikan hingga ragam sayuran seperti bayam, kangkung, sawi, selada, kacang panjang, terong hingga sereh yang telah dimanfaatkan baik dikonsumsi sendiri maupun dijual.

Di bagian lain, anggota SGSP Sungkono mengaku sangat terbantu karena perusahaan persemenan di Rembang ini melalui program CSR memfasilitasinya dengan menyediakan lahan untuk bertanam.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menjaga Tradisi Icik, Melestarikan Kain Warisan Budaya

Jumat, 25 November 2022 | 21:44 WIB

Pedagang Beras Keluhkan Penjualan Menurun Drastis

Jumat, 23 September 2022 | 06:35 WIB

Ekspansi ke Daerah, McD Buka Gerai Pertama di Kudus

Selasa, 6 September 2022 | 18:58 WIB
X