Pasarkan Produk UKM, Pemkab Kudus Gandeng Buruh Rokok

- Selasa, 18 Januari 2022 | 23:10 WIB
Para perajin mengerjakan batik tulis khas Kudus di workshop milik Muria Batik Kudus . (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
Para perajin mengerjakan batik tulis khas Kudus di workshop milik Muria Batik Kudus . (suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Banyak cara ditempuh untuk memasarkan produk usaha kecil menegah (UKM). Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnakerperinkop dan UKM) Kudus tengah menjajaki kersajama dengan Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan dan Minuman (SP RTMM) PT Djarum.

Kepala Disnakerperinkop dan UKM, Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan, kerjasama itu untuk memfasilitasi pelaku UKM untuk memasarkan produknya. Nantinya, para buruh rokok akan mendapat harga khusus saat membeli produk UKM.

“Saat ini kami tengah menginventarisasi 40 UMKM di Kudus. Jumlah tersebut terdiri atas UMKM makanan, minuman, konveksi, batik, dan lainnnya,” katanya.

BACA JUGA : Pura Group Teken MoU dengan PT Pos

Nantinya anggota SP RTMM PT Djarum akan mendapat harga khusus saat berbelanja produk UKM bermodal Kartu Tanda Anggota (KTA).

“Kerjasama ini cara baru yang kami tempuh untuk lebih mengenalan produk UKM. Dengan langkah ini kami berharap ada peningkatan daya beli masyarakat terhadap pelaku UMKM di Kudus,” ujarnya.

Rini berharap kerja sama antara kedua pihak dapat segera terlaksana. Sehingga dapat tercipta simbiosis mutualisme.

Ketua Pimpinan Unit Kerja (PUK) SP RTMM PT Djarum Ali Muslikin mengatakan, kerjasama dengan model itu bukan kali ini saja dilakukan organisasinya.

Sebelumnya, pihaknya telah meneken kerjasama dengan salah satu objek wisata di Kabupaten Kudus. Ia mencontohkan, tiket masuk objek wisata itu dipatok Rp 25 ribu per orang. Berbekal KTA, anggotanya cukup membayar Rp 15 ribu per orang untuk masuk ke tempat wisata tersebut.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perajin Cobek Batu di Kudus Kesulitan Bahan Baku

Selasa, 12 April 2022 | 21:21 WIB

APTRI Minta Gula Petani Tetap Bebas PPN

Rabu, 30 Maret 2022 | 17:07 WIB
X