Perkuat Operasional Unggul, Semen Gresik Gelar Gemba dan TPM Award Q3 2021

- Senin, 18 Oktober 2021 | 14:31 WIB
Jajaran Direksi dan karyawan Semen Gresik melakukan apel pagi sebelum inspeksi ke masing-masing area gemba. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)
Jajaran Direksi dan karyawan Semen Gresik melakukan apel pagi sebelum inspeksi ke masing-masing area gemba. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka-muria.com – PT Semen Gresik (PTSG) kembali menggelar kegiatan untuk mencapai keunggulan operasional (operational excellence) perusahaan yaitu Gemba dan Penghargaan Total Productive Maintenance (TPM) Award Quartal III 2021.

Turut hadir bersama para karyawan, Direktur Utama PTSG Subhan dan Direktur Produksi Soni Asrul Sani yang melakukan inspeksi di sasaran gemba.

Kegiatan gemba melibatkan Direksi PTSG di empat area produksi, yaitu Cooler, Kiln, Coal Mill dan Finish Mill Feed Bin.

Baca Juga: Tak Temukan Uang di Rumah Kosong, Pencuri Ini Nekat Angkut Meja dan Kursi

Gemba merupakan metode continuous improvement asal Jepang.

Pengertian yaitu strategi di mana karyawan di semua tingkatan perusahaan berkolaborasi secara proaktif melakukan perbaikan berkelanjutan di semua lini proses manufaktur.

Menurut TPM Officer PTSG sekaligus Koordinator Acara Wahyu Saptadi Sampurno, gemba bersama jajaran top management diadakan setiap triwulan.

Tujuan besar optimalisasi continuous improvement, agar di lingkungan kerja tercipta budaya perbaikan yang terus menerus melalui identifikasi area, sehingga saat timbul waste (pemborosan) maka segera dicarikan solusi.

Baca Juga: Dianggarkan Rp 6 Miliar, Pelebaran Jalan Sulang-Banyuurip Korbankan Rumah Warga dan Puluhan Pohon

''Kegiatan gemba meliputi pengecekan tingkat kebersihan dan kebocoran pada mesin produksi. Aktivitas ini sangat membantu kawan-kawan produksi dalam urusan pemeliharaan alat-alat sebagai bagian dari kegiatan autonomous yang menjadi salah satu pilar dalam Total Productive Maintenance (TPM),'' kata Saptadi dalam siaran pers Senin, 18 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Rembang Minta HIPMI Bantu Tingkatkan Produk UKM

Kamis, 16 Desember 2021 | 16:38 WIB

Pura Group Teken MoU dengan PT Pos

Senin, 13 Desember 2021 | 06:50 WIB
X