Liga 2 Terhenti, Persipa Sumbang Butiran Karet untuk Stadion Joyokusumo, Ini Fungsinya

- Kamis, 19 Januari 2023 | 05:50 WIB
Perawatan Stadion Joyokusumo yang berumput sintetis terus dilakukan Dinporapar Pati. (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)
Perawatan Stadion Joyokusumo yang berumput sintetis terus dilakukan Dinporapar Pati. (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)

PATI, suaramerdeka-muria.com - Kendati dalam waktu dekat tak menggunakan Stadion Joyokusumo lantaran kompetisi Liga 2 dihentikan PSSI, Persipa tetap memberikan perhatian terhadap Stadion Joyokusumo. Klub kebanggaan warga Pati ini ikut andil dalam perawatan dengan menyumbang butiran karet (rubber granules).

Sebanyak empat ton rubber granules diserahkan kepada pengelola Stadion Joyokusumo, Rabu (18/1). Rubber granules dibutuhkan untuk merawat rumput sitentis agar tetap layak digunakan.

"Kami merasa memiliki Stadion Joyokusumo sehingga ikut membantu pengelola dalam merawat. Kebetulan kami ada empat ton rubber granules untuk membantu perawatan rumput sistetis," ujar CEO Persipa Joni Kurnianto yang didampingi Manajer Persipa Dian Dwi Budianto.

Sumbangan rubber granules sebagai respon atas keluhan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Pati, yang masih kekurangan material tersebut. Sekaligus tindak lanjut atas reassessment atau peninjauan ulang terhadap Stadion Joyokusumo oleh Tim Mabes Polri.

Baca Juga: HUT ke-43, DPC Tiara Kusuma Jepara Gelar Seminar Perempuan Berdaya

Baca Juga: Usai Camat Hadir di Lokasi Harlah PPP, Pemkab Rembang Jadwalkan Sosialisasi Netralitas ASN

Stadion Joyokusumo dinilai layak untuk digunakan sebagai tempat pertandingan karena sesuai hasil reassessment mendapat nilai 68,64 persen.

Rubber granul merupakan butiran karet olahan yang berfungsi sebagai media agar rumput sintetis dapat berdiri. Butiran karet tersebut berfungsi sebagai tanah pada bidang lapangan rumput sintetis.

"Stadion Joyokusumo ini masih memerlukan banyak pembenahan dan perawatan rutin secara berkala. Karena itu, kami mengajak semua pihak untuk ikut memperhatikan serta membantu agar ke depan stadion terus berkembang," katanya.

Dalam kesempatan itu, Persipa sekaligus meminjamkan mesin sisir rumput sintetis kepada Dinporapar sebagai pengelola Stadion Joyokusumo. Mesin itu berfungsi sebagai penyisir serat rumput buatan ke posisi semula. Penyisiran ke berbagai arah perlu dilakukan secara berkala agar rumput sintetis terlihat alami.

Kepala Dinporapar Rekso Suhartono mengaku terbantu dengan sumbangan empat ton rubber granules dari Persipa. Dia mengungkapkan, pihaknya masih membutuhkan banyak rubber granules untuk perawatan rumput stadion.

"Pada anggaran murni APBD 2022 sudah ada pengadaan rubber granules sebanyak 12 ton dan kemudian pada APBD Perubahan 2022 7,8 ton. Hari ini mendapat tambahan 4 ton bantuan dari Persipa," ungkapnya.

Untuk menjadikan rumput sintetis Stadion Joyokusumo bagus dan tegak, menurutnya masih membutuhkan 20 ton rubber granules. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tahun ini pihaknya juga berencana melakukan pengadaan lagi.

"Selain untuk menjaga kelayakan Stadion Joyokusumo, sebagaimana hasil reassessment dari Tim Mabes Polri, perawatan dan pembenahan terus kami lakukan untuk persiapan pembukaan Porprov Jateng. Kebetulan Stadion Joyokusumo menjadi venue untuk opening ceremony Porprov Jateng 2023 pada 5 Agustus," paparnya.

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X